Halo !!! My Name Bunda Fitri, This My Travels blog

Benteng Marlborough Bengkulu -cagar budaya


Benteng Marlborough Bengkulu. Nah buat temen-temen yang pingin jalan-jalan ke Kota bengkulu rasanya belum lengkap kalau belum jalan-jalan dan menikmati keindahan wisata bengkulu yang satu ini. Benteng Marlborough merupakan salah satu obyek wisata sejarah dan cagar budaya andalan yang dimiliki oleh Propinsi Bengkulu.

Benteng peninggalan Inggris awal abad ke-18 ini dibangun oleh East Indian Company (sebuah usaha dagang Inggris terbesar di Nusantara waktu itu) selama kurang lebih enam tahun (tepatnya pada tahun 17131719) di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet ketika berkuasa di Bengkulu. Secara keseluruhan, benteng yang bangunannya menyerupai kura-kura ini berdiri di atas tanah seluas sekitar 44.100 meter persegi dan menghadap ke arah selatan.

pantai-tapak-padri-marlborough
Kalian akan di suguhkan keindahan dan kemegahan fort marlborough yang mana keberadaan benteng cagar budaya ini yang sangat strategis yaitu menghadap ke pantai tapak padri bengkulu dengan keindahan pantai andalan kota bengkulu. pokoknya kalian tidak bakalan nyesel deh kalau berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, dan ketika sore hari kalian juga akan bisa menikmati sunset di pantai tapak padri dari atas benteng marlborugh ini. kerennn....

Yang menjadi salah satu keunikan Benteng Marlborough di kota bengkulu adalah pada desain segi empatnya yang begitu kokoh dengan dua lapis dinding pertahanan lengkap dengan parit yang mengelilinginya untuk menahan serangan musuh. Benteng ini sangat kokoh berdiri sampai saat ini walaupun usianya sudah sangat tua padahal benteng ini tidak menggunakan konstruksi beton bertulang seperti bangunan jaman modern. 

Bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi benteng ini antara lain batu karang, batu kali, dan bata yang disusun dengan perekat campuran kapur, pasir, dan semen merah. Selain itu keunikan lainnya adalah desain benteng menyerupai kura-kura bila dilihat dari atas, maka akan terlihat empat bagian bangunan menyudut seperti kaki, serta satu kelompok bangunan menyerupai bagian kepala kura-kura.

fort-marlborough-bengkulu
Sebelum memasuki Benteng Marlborough ini kita akan disambut oleh dua jembatan kayu di atas parit dan sebuah gerbang batu kokoh berlapis seperti layaknya desain benteng-benteng buatan Inggris lainnya di dunia. 
Pada sisi lain gerbang masuk, kita akan menemui ruangan dengan fungsi ruang jaga utama dan ruangan penjaga benteng. Di bagian dalam, terdapat dua ruang tahanan militer. Pada salah satu bagian dinding ruang tahanan itu terlihat lukisan arang dan catatan dalam bahasa Belanda kuno. Tulisan-tulisan diperkirakan buatan tahanan dalam benteng. wisata andalan bengkulu
Transportasi. Dari Bandara Udara Fatmawati Bengkulu, Anda dapat menggunakan taksi atau mobil sewaan hingga sampai di tujuan sekitar 1,5 jam. Bila Anda menggunakan bus atau angkutan umum dari terminal jurusan alun-alun kota Bengkulu Anda akan turun tepat di depan Benteng Marlborough. 

Itu tadi ceritaq tentang kemegahan benteng Marlborough Bengkulu (cagar budaya bengkulu) pada saat liburan kemaren, sekarang giliran kalian dan kapan ke bengkulu. Selain Benteng Marlborough di Kota bengkulu juga masih banyak tempat-tempat wisata andalan di provinsi bengkulu ini, di antaranya: Pantai Panjang bengkulu atau pasir putih beach, Pantai zakat, taman nasional Bumi Rafflesia, pemandian air panas curup, dan masih banyak lainnya,,, pokoknya banyak deh n gx bakalan nyesel kalau berwisata ke bengkulu. karna bengkulu sangat kaya akan wisatanya.