Halo !!! My Name Bunda Fitri, This My Travels blog

Bunga Raksasa- bunga rafflesia arnoldi Bengkulu

Rafflesia arnoldi. Ya, siapa yag tak kenal dengan bunga bangkai raksasa ini. Bunga yang banyak di temui di  provinsi bengkulu ini telah di akui dunia sebagai flora langka asli Indonesia.
Rafflesia Arnoldii berukuran raksasa (Bunga raksasa)dan diketahui hanya terdapat di Sumatera dan penyebarannya berada di sepanjang punggung Bukit Barisan dari Aceh sampai Lampung dengan pusat ekologi di Bengkulu.


Habitat bunga Rafflesiadi Hutan Lindung Bukit Barisan sangat layak diusulkan sebagai situs warisan alam dan panorama yang diakui dunia, karena rafflesia adalah bunga terbesar di dunia.Sejarah penemuan bunga rafflesia juga terjadi di hutan hujan tropis wilayah Bengkulu oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr Joseps Arnold pada 1818.Apalagi dari 25 spesies rafflesia, jenis Rafflesia arnoldi adalah bunga dengan diameter paling lebar mencapai 100 cm, dan beratnya hingga 10 kilogram.



Ciri utama yang membedakan rafflesia dengan bunga bangkai secara awam adalah bentuknya yang melebar (bukan tinggi) dan berwarna merah. Ketika mekar, bunga ini bisa mencapai diameter sekitar 1 meter dan tinggi 50 cm. Bunga rafflesia tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun. Bunganya memiliki 5 mahkota. Di dasar bunga yang berbentuk gentong terdapat bunga sari atau putik, tergantung jenis kelamin bunga. 

keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat presentase pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil, karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati.


Dan perlu di ingat ya, bunga Rafflesia Arnoldi tidak sama dengan bunga bangkaiAmorphophallus titanum. Jangan sampai salah lo Bunga bangkai bukanlah bunga rafflesia. 




Selamat  datang di kota bengkulu bumi rafflesia dan selamat berlibur menkmati objek” wisata di boemi rafflesia ini.